Kumpulan Rumus Segitiga Siku-Siku Terlengkap

Kumpulan Rumus Segitiga Siku-Siku Terlengkap

erscharter.com – Rasanya, penggunaan rumus luas segitiga siku siku akan terus keluar dalam mata pelajaran matematika sejak SD hingga SMA & bahkan di bangku perkuliahan. Lalu, bagaimanakan kombinasi rumus tersebut? Dan bagaimana pengaplikasiannya dalam kasus-kasus matematika? Tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut?

 

Bagi sebagian orang, menghitung bidang ini sudah seperti rutinitas belajar untuk menyelesaikan berbagai problematika dalam matematika. Mulai dari mengestimasikan besaran suatu bidang 2D & 3D hingga memasukkannya sebagai kasus dalam sebuah pertanyaan rumit dalam ujian. Tentu terlupa akan rumus dasarnya bisa jadi petaka terbesar.

 

Apa Itu Segitiga Siku Siku?

Dikutip melalui laman resmi Wikipedia, segitiga siku-siku merupakan salah satu bentuk triangle yang memiliki sudut 90 derajat pada satu sisinya. Dalam bahasa inggris, bentuk lain segitiga sembarang ini kerap disebut sebagai rectangle triangle.

 

Pada rectangle triangle, ada satu sisi yang memiliki ukuran paling panjang, yaitu sisi yang berhadapan langsung dengan sudut tegak lurus. Umumnya, sisi ini disebut sebagai hipotenusa, alias sisi miring. Sementara kedua bagian lainnya dipanggil kaki.

 

Diketahui, muncul sebuah kombinasi khusus yang dipergunakan untuk menghitung ukuran dari sisi miring tersebut. Secara global, kombinasi ini populer dengan nama Pythagoras.

 

Teorema dan Pythagoras

Teorema Pythagoras sejatinya menyatakan jumlah kuadrat dari sisi miring serta panjang kedua kaki dari bidang satu ini. Secara umum, teorema dinotasikan menjadi:

 

a2 + b2 = c2

 

Dimana konstanta a dan b merupakan panjang dari masing-masing kaki, sementara c ialah panjang sisi miring atau hipotenusa.

 

Special Rectangle Triangle

Kenapa ada bidang yang disebut sebagai segitiga siku-siku istimewa? Dimana letak kespesialannya? Pada dasarnya, bidang siku-siku istimewa ialah bangun yang sisinya bisa dihitung secara mudah. Semisal saja rectangle triangle dengan panjang 3-4-5.

 

Rumus Luas

Tak jauh berbeda dengan rumus-rumus lainnya, kombinasi penyelesaian bidang segitiga siku-siku masih sama. Hanya saja, terdapat sedikit perbedaan pada notasinya dikarenakan jenis bangun ini memiliki kaki-kaki dan bukannya alas maupun tinggi.

 

Tinggi dalam bangun siku-siku dinotasikan sebagai a, sementara pada jenis bangun lain dengan t. Pun dengan alas yang dinotasikan dengan b, sedangkan bangun lainnya dengan a.

 

Sehingga:

L = ½ x a x t

L = ½ x b x a

 

Contoh Kasus Luas

Diketahui sebuah triangle memiliki panjang kaki tegak lurus senilai 5 cm dan panjang kaki tegak ke samping sebesar 12 cm. Berapakah luas dari bangun tersebut?

Jawab:

Luas = ½  x b x a

= ½ x 12 cm x 5 cm

= 30 cm2

 

Rumus Keliling

Untuk dapat mencari nilai keliling dari bangun ini, Anda hanya perlu menjumlahkan seluruh sisinya saja.

K = a + b + c

 

Contoh Kasus Keliling 

Suatu triangle diketahui memiliki panjang berturut-turut sebesar 5, 12, dan 13 cm. Berapakah keliling dari bangun tersebut?

Jawab:

     K = a + b + c

= 5 + 12 + 13

= 30 cm

Baca Juga : Cara Upload Video ke Youtube Secara Mudah dan Cepat

Demikianlah ulasan mengenai rumus luas segitiga siku siku lengkap beserta contoh dan penyelesaian lain yang kerap digunakan di dalamnya. Bagaimana menurut Anda? Cukup mudah bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *